Aneka Informasi

Untuk yang belum tau …

Pohon tertinggi di dunia

Pohon Tertinggi di Dunia

TEMPO Interaktif, SAN FRANCISCO:

Rekor pohon tertinggi dunia yang semula dipegang sebuah pohon redwood yang dinamai Stratosphere Giant, ternyata telah dipatahkan. Ilmuwan menemukan tiga pohon di sebuah hutan di California bagian utara yang lebih tinggi daripada pohon itu.

Pejabat kehutanan Amerika Serikat Rick Nolan menyatakan, para ilmuwan itu menemukan tanpa sengaja. Ketika tengah mengikuti jalan setapak di hutan lebat dekat Eureka, California pada musim panas, mereka menemukan ketiga pohon redwood pantai yang lebih tinggi daripada Stratosphere Giant setinggi 113 meter.

Pengawas Taman Nasional Redwood itu mengatakan pohon tertinggi dari tiga pohon itu mencapai 115,2 meter, dan dinamai Hyperion. Namun pengukuran tambahan akan dilakukan untuk mengkonfirmasi rekor baru itu, sebelum menyatakan Hyperion sebagai pohon tertinggi.

“Ada dugaan kuat bahwa tiga pohon ini lebih besar daripada pohon yang tumbuh di ekosistem redwood pantai,” kata Nolan. “Mereka akan jadi pohon hidup tertinggi.”

Tebalnya kanopi hutan redwood California menghalangi pandangan para ilmuwan yang ingin mengukur ketinggian pohon. Selain harus berjuang menyusuri hutan yang amat lebat itu, para ilmuwan terpaksa harus memanjat ketiga pohon untuk menjatuhkan tali pengukur ke dasar hutan untuk memperoleh angka akurat.

“Mustahil bagi seseorang di permukaan tanah untuk memilih mana yang lebih tinggi dari ketiganya,” kata Ruskin Hartley, direktur konservasi Save-the-Redwoods League.

CNN

Januari 9, 2007 - Posted by | Ter... di dunia

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: