Aneka Informasi

Untuk yang belum tau …

Chikungunya

Penyakit chikungunya adalah penyakit infeksi yang disebabkan virus alpha dan famili Togaviridae. Penyakit ini ditularkan dari orang sakit chikungunya kepada orang lain melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Chikungunya mirip dengan penyakit influenza dan biasanya seluruh anggota keluarga dengan mudah dapat terserang jika salah satunya sudah kena.

Wabah chikungunya pertama kali dilaporkan di Tanzania pada 1952, kemudian di Uganda tahun 1963. Di Indonesia, kejadian luar biasa (KLB) chikungunya dilaporkan terjadi tahun 1982 di beberapa daerah di Indonesia, seperti Yogyakarta (1983), Muara Enim (1999), Aceh, dan Bogor (2001).

Penyakit ini termasuk self limited disease (dapat sembuh sendiri) dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Penderita sebaiknya menjaga asupan gizi yang cukup, minum sebanyak-banyaknya, dan banyak istirahat. Boleh juga mengonsumsi obat pengurang rasa sakit nyeri persendian dan penurun panas tubuh.

Gejala utama chikungunya adalah demam mendadak, nyeri pada persendian terutama sendi lutut, pergelangan, jari kaki, tangan, serta tulang belakang yang disertai ruam (kumpulan bintik-bintik kemerahan) pada kulit.

Pada umumnya, penyakit ini muncul di daerah yang lingkungannya kurang bersih, selain juga karena perubahan iklim. Untuk mencegah merebaknya penyakit tersebut, tindakan yang harus dilakukan masyarakat adalah sama seperti mencegah penyebaran penyakit DBD, yaitu memberantas sarang nyamuk Aedes aegypti. (pro)

Ciri-ciri Penderita Chikungunya
* Demam tinggi sekitar 39-40 derajat Celcius
* Sakit di persendian
* Bercak-bercak kecil warna merah di kulit
* Gejala mirip demam berdarah dengue (DBD)
* Penularan melalui nyamuk Aedes Aegypti
* Ditularkan dari orang ke orang lain melalui gigitan nyamuk

Januari 11, 2007 - Posted by | kesehatan

1 Komentar »

  1. Mohon diberikan informasi, meskipun penderita chikungunya bisa sembuh sendiri tetapi apakah kesembuhannya bisa sembuh total? Karena saya sendiri sudah 2 bulan lalu terkena chikungunya tetapi rasa nyeri yang sangat masih belum hilang hingga saat ini. mohon dijawab langsung ke email saya terimakasih.

    Komentar oleh dyah | Agustus 20, 2007


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: