Aneka Informasi

Untuk yang belum tau …

Cokelat Bisa Kurangi Risiko Serangan Jantung

Cokelat Bisa Kurangi Risiko Serangan Jantung

Meski cokelat sering dituding sebagai penyebab kegemukan dan buruk bagi kesehatan, sebenarnya banyak manfaat yang bisa diperoleh dari makanan lezat dan manis ini, salah satunya mengurangi risiko serangan jantung.

Tim peneliti dari fakultas kedokteran Johns Hopkins University yang sedang meneliti aspirin dan penyakit jantung, secara tak sengaja menemukan bukti bahwa sepotong kecil cokelat setiap hari bisa mengurangi risiko serangan jantung.

Menurut Diane Becker, salah seorang peneliti, kandungan zat kimia dari biji cokelat memiliki efek yang serupa dengan aspirin dalam mengurangi gumpalan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah dan berakibat fatal, yaitu serangan jantung.

Sebanyak 1200 orang menjadi responden dalam penelitian ini, mereka berasal dari keluarga dengan riwayat penyakit jantung. Awalnya penelitian ditujukan untuk melihat manfaat aspirin pada lapisan pembuluh darah.

Untuk mengikuti tes ini, para responden diminta taat pada beberapa aturan, misalnya rutin olahraga, berhenti merokok, menghindari minuman berkafein, minuman dari anggur dan menjauhi cokelat. Cokelat dan beberapa makanan lain diketahui menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah.

“Beberapa responden keberatan ketika diminta menjauh dari cokelat, dan itu sudah kami duga sebelumnya. Karenanya kami minta mereka tidak makan cokelat selama 24-48 jam sebelum tes,” kata Diane seperti dikutip reuters.

Ternyata beberapa responden bersikap ’nakal’ karena mereka tetap memakan cokelat, akhirnya tim peneliti membuat dua kelompok responden, yaitu penelitian untuk aspirin dan mereka yang memakan cokelat.

Tim peneliti mengambil contoh sel darah dari dua kelompok untuk mengetahui mekanisme pembuluh darah, guna mencari tahu berapa lama trombosit membentuk gumpalan dalam tabung percobaan. Hasilnya, darah responden pencinta cokelat lebih lambat menggumpal daripada kelompok yang tidak memakan cokelat.

Dari hasil tes urin diketahui bahwa cokelat menghasilkan tromboxane yang membuat produksi platelet (sel dalam sirkulasi darah) lebih rendah.

Sebagai kelanjutan riset ini, tim peneliti akan melakukan riset untuk mengetahui apakah pencinta cokelat memiliki risiko lebih kecil terkena serangan jantung, stroke dan operasi jantung. Untuk itu mereka akan melakukan penelitian selama beberapa tahun dan membutuhkan responden para pencinta cokelat. (kompas)

Januari 12, 2007 - Posted by | kesehatan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: