Aneka Informasi

Untuk yang belum tau …

Tramigo T21, Alat Pelacak Kendaraan

Tramigo T21, Alat Pelacak Kendaraan

TEMPO Interaktif, Jakarta:Akhir-akhir ini pencurian kendaraan bermotor terus meningkat. Dari data Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian RI, angka pencurian 2005 meningkat lebih dari dua kali dari angka pencurian pada tahun sebelumnya, hingga mencapai 45.316 kasus. Sedangkan dari Januari hingga April 2006 saja sudah terjadi 8.695 pencurian.

Biasanya upaya pencegahan maksimal yang ditempuh oleh pemilik kendaraan adalah dengan memasang alarm. Namun, tak jarang komplotan penjahat dipersenjatai dengan senjata api, dan merampas mobil dari pemilik kendaraan. Bila sudah begitu, kendaraan Anda bisa dengan mudah dilarikan, dipreteli, dan dipermak untuk dijual kembali di daerah-daerah yang jauh dari kota.

Untuk menghindari hal itu, sebuah alat bernama Tramigo T21 mampu melacak posisi kendaraan Anda. Alat pelacak kendaraan portabel pertama ini diluncurkan oleh sebuah perusahaan Finlandia, Tramigo, Januari 2006, dan sudah dijual di Indonesia sejak Juni 2006.

Bentuk dan ukurannya seperti sepotong burger. Tebalnya 4,5 sentimeter, berdiameter 9,3 sentimeter, dengan berat hanya 150 gram. T21 bisa dipasang di dashboard mobil, tapi lebih sering dipasang di tempat tersembunyi, seperti di bawah jok mobil.

Untuk menyalakannya, ia harus dicolokkan ke sumber listrik dari baterai aki mobil atau dihubungkan ke sebuah baterai backup (termasuk dalam paket penjualan), yang tiap dicas selama sekitar sejam bisa bertahan hingga dua hari.

Selain sebagai pelacak posisi kendaraan, T21 bisa memberi tahu saat mesin kendaraan Anda sedang dihidupkan atau menjadi alat peminta pertolongan dalam kondisi darurat. Ia juga bisa berfungsi sebagai perekam jalur yang dilalui oleh kendaraan kita, memberi peringatan bila kita melampaui batas kecepatan yang ditentukan, atau peringatan saat kendaraan melakukan akselerasi kecepatan yang berlebihan.

Alat ini memakai teknologi global positioning system (GPS) dan beroperasi di seluruh jaringan global system for mobile communication (GSM). Ia sama sekali tidak melibatkan pihak ketiga atau operator telekomunikasi, hanya butuh sebuah kartu SIM (dari operator mana pun), untuk berkomunikasi dengan ponsel GSM pemilik kendaraan, yang telah dipasangi software berukuran 8 megabita.

Untuk mengetahui posisi, kecepatan, dan arah kendaraan Anda, software Tramigo menyediakan fitur Find dalam menu. Bila kita memilih fitur tersebut, dalam sekejap, layar akan memberi pesan teks tentang kecepatan, arah, dan keberadaan mobil kita.

Untuk menjadikannya sebagai alat peringatan, kita harus mengaktifkan fitur Ignition pada T21, dengan mengetik, “Iginition, on”. Bila kita memarkir kendaraan di suatu tempat, lalu kendaraan itu dicuri, saat mesin kendaraan dinyalakan, T21 akan mengirimkan pesan ke ponsel kita.

Jika kita ingin merekam jalur kendaraan yang kita lewati, kita juga harus mengaktifkan fungsi Journey pada T21 lewat ponsel kita. Kemudian, secara otomatis, alat itu akan merekam koordinat-koordinat posisi setiap 20 detik, atau setengah menit (bisa diubah-ubah sesuai dengan pilihan).

Nah, dalam kondisi darurat, misalnya kecelakaan mobil, alat ini bisa digunakan untuk mengirimkan pesan permintaan bantuan secara otomatis, ke empat nomor GSM yang kita inginkan. Caranya mudah, tinggal tekan sebuah tombol di bagian samping T21 selama dua detik. Untuk setiap pertukaran informasi teks tadi, baik pulsa ponsel maupun pulsa T21 akan berkurang sesuai dengan biaya pesan pendek (SMS) yang berlaku.

Di Indonesia, alat ini dijual seharga Rp 6 juta. Selain untuk keperluan pribadi, alat ini bisa digunakan untuk memantau armada kendaraan perusahaan. Hanya, ia memiliki keterbatasan tak dapat dipakai di daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau oleh jaringan GSM.
(sumber:tempointeraktif)

Januari 12, 2007 - Posted by | Otomotif

5 Komentar »

  1. Saya sangat tertarik se X dgn alat ini, namun saya hrs beli di mana. Sy tinggal di jakarta, sy dah ubek2 namun lom dapaetin. Mungkin ada yg dapat membantu. Tks banyak

    Komentar oleh Dhar Wish | Januari 22, 2007

  2. Yth Pak Dhar Wish,

    Apabila Bapak berminat dapat menghubungi saya di 085214439030 atau kantor, 79199577. Saat ini Tramigi telah mengeluarkan versi terbari T22 dengan dimensi yang lebih kompak tetapi dengan kemampuan yang lebih banyak.

    Terimakasih.

    Sidik

    Komentar oleh Sidik | Januari 24, 2007

  3. Saya tertarik dengan alat ini apakah ada gambar yang bisa membantu saya untuk melihatnya dan dapatkan saya tau sudah berapa banyak orang di jakarta yang memakai alat tersebut dan terbukti kenyataannya. terima kasi

    Komentar oleh steven | November 7, 2007

  4. Pak Steven,

    Hingga saat ini sudah ratusan jumlahnya yang menggunakan alat ini. Bahkan kami sudah memasang di beberapa perusahaan untuk memonitor aktifitas kendaraannya. Apabila tidak keberatan Bapak dapat memberikan no Telpon atau alamat email sehingga saya bisa sampaikan gambar ataupun demo live. Bapak dapat lihat/cek tentang tramigo di http://www.tramigo.net.

    Atau hub saya di 08121234966 atau 79199577
    Terimakasih

    Komentar oleh Sidik | Desember 18, 2007

  5. Aplikasi Monitoring via Blackberry

    Salah satu keunggulan dan keunikan Tramigo adalah adanya aplikasi monitoring M1 Move via Blackberry (M1 Move bisa juga untuk HP selain BB, baik Symbian, Java, Windows). Desain yang simple, informatif dan nice membuat pemilik Tramigo sangat mudah dalam pengooperasian, mudah dimengerti dan menarik.

    silahkan kunjungi http://personalgpstracking.blogspot.com

    Terimakasih

    sidik
    08121234966

    Komentar oleh sidik | Februari 1, 2012


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: